Tepung Mangrove, pangan bergizi dari pesisir nusantara

Sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan tepung sebagai bahan dasar makanan dalam kehidupan sehari- harinya, akan tetapi dengan kemajuan teknologi di era modernisasi ini sangat sulit mencari bahan pokok makanan yang bergizi, ekonomis serta praktis termasuk tepung di dalamnya. Salah satu sumberdaya yang belum termanfaatkan dengan baik adalah mangrove. Selain memiliki fungsi utama sebagai benteng daratan, mangrove juga dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk seperti batik dan makanan. Bahan baku makanan yang sebagian besar berasal dari bahan tepung dapat diperoleh pula dari mangrove. Dengan ketekunan dan semangat mau belajar yang tinggi, masyarakat di pesisir utara semarang akhirnya dapat membuat tepung berbahan dasar mangrove yang pada akhirnya dapat dibuat produk-produk makanan baik untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijual sebagai alternatif ekonomi.

Kunci dari keberhasilan kegiatan pemanfaatan ini adalah EKOSISTEM MANGROVE YANG SELALU LESTARI

Video/ dokumentasi ini dibuat dalam program bersama antara Yayasan Kanopi Indonesia dengan UNDP (United Nations Development Programme) dan GEF-SGP (Global Environmental Facility) dalam Program Pemulihan Ekosistem Mangrove di Mangkang Wetan dan Mangunharjo Berbasis Masyarakat.

Terimakasih untuk semua pihak yang terlibat dan membantu dalam kegiatan ini, video ini kami persembahkan untuk masyarakat Mangkang Wetan dan Mangunharjo serta semua pihak dimanapun berada yang berjuang melestarikan lingkungan dan memanfaatkan sumberdaya alam secara bijaksana.

*Salam Lestari*