Sosialisasi Program Pengembangan Kelompok Batik Tulis “Sido Mulyo”

suasana sosialisasi program

Pada tanggal 28 September 2015 kemarin, menjadi awal mula rangkaian kegiatan pengembangan kelompok batik tulis. Kelompok batik tulis yang dipilih untuk mengikuti kegiatan pengembangan, ialah Sido Mulyo. Alasan pemilihan kelompok ini, karena belum memiliki pengalaman yang cukup dalam mengelola dan memasarkan produk-produk batik yang mereka hasilkan, dibanding dengan kelompok-kelompok yang lain. Harapannya kelak, kelompok ini memiliki pengalaman yang cukup, sehingga pengelolaaan dan pemasaran produk bisa terkontrol dengan baik. Program pengembangan ini terselenggara atas kerjasama Yayasan Kanopi Indonesia dengan Rain Forest Coffee.

suasana sosialisasi program

   Sosialisasi yang dilakukan kemarin, lebih bertujuan untuk memperkenalkan tim Kanopi yang nantinya akan terlibat langsung dalam pendampingan dan juga memperkenalkan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan, dalam upaya mengembangkan kelompok batik sido mulyo ini. Untuk tim yang terlibat nanti, Sdr. Rahman dipilih menjadi project manager program pengembangan ini.

            Kegiatan sosialisasi berlangsung di rumah Ibu Nurjanah, yang berada di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Sosialisasi dimulai pada pukul 14.00 WIB dan selesai pada pukul 16.05. Dalam kegiatan itu, selain pemaparan dan penjelasan program, tim dari Kanopi, juga mendengar pendapat dari peserta yang hadir. Pendapat ini kemudian menjadi bekal bagi tim, untuk menentukan bentuk pengembangan apa yang pas dengan kebutuhan kelompok ini.

            Acara sosialisasi dimulai dengan pembukaan, sambutan dari Ibu Nurjanah selaku tuan rumah, dan yang mewakili kelompok batik Sido Mulyo, sambutan Direktur Yayasan Kanopi Indonesia, Ma’ruf Erawan. Selanjutnya, acara diisi dengan pemaparan dan tanya jawab seputar kegiatan yang akan dilakukan, hingga acara usai.