PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN KELOMPOK BATIK TULIS SIDO MULYO

Suasana saat pelatihan wirausaha

wirausaha1

Tanggal 28 November 2015, telah dilaksanakan lanjutan dari program pengembangan kelompok batik. Program pengembangan ini terselenggara atas kerjasama Yayasan Kanopi Indonesia dengan Rain Forest Coffee. Lanjutan dari program ini ialah pelatihan kewirausahaan, yang mana dari Yayasan Kanopi, memberikan pengajaran kepada kelompok batik ini, namun disamping mengajarkan, anggota kelompok juga memberikan pertanyaan-pertanyaan dan pengalaman selama melakukan kegiatan produksi dan penjualan batik tulis mereka.

Kegiatan ini berlangsung di rumah Ibu Nurjanah, yang berada di di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Pelatihan dimulai pada pukul 15.30 WIB dan selesai pada pukul 17.10.

Kegiatan pelatihan ini diisi oleh praktisi, bernama Djati Prasetya Hadi. Proses pengajaran lebih banyak pada diskusi antara praktisi sekaligus pemateri, dengan anggota kelompok. Kegiatan pelatihan ini difokuskan pada membangun fondasi dasar dari kelompok batik ini, yakni fokus barang yang akan diproduksi dan modal usaha.

Dalam kesempatan ini, project manager, Arman menjelaskan juga mengenai pentingnya mengetahui barang apa yang dijadikan produksi dan modal usaha. Selanjutnya akan ada agenda pertemuan di tanggal 5 Desember 2015. Pertemuan informal ini, lebih pada kegiatan diskusi bersama, dan mengetahui tanggapan anggota kelompok atas materi yang sudah diberikan sebelumnya. (MFF)