Pelatihan Pengenalan Ekowisata

pematerian oleh Bapak Rio

Sabtu 19 Maret 2016, pengembangan kelompok batik tulis Sido Mulyo sampai pada tahap pelatihan pengenalan wisata. Pelatihan ini mengarahkan kelompok memanfaatkan potensi wisata, salah satu alternatif peningkatan ekonomi selain produk batik.

pematerian oleh Bapak Rio
pematerian oleh Bapak Rio

Wilayah Imogiri, tepatnya Desa Wukirsari, sudah dikenal banyak kalangan dengan kegiatan membatik. Berangkat dari keseharian, diharapkan kelompok mampu mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki baik secara personal maupun kelompok. Pelatihan wisata menjadi penting ketika melihat potensei tersebut, dikarenakan belum mampunya kelompok membangun konsep lewat potensi tersebut.
Proses pelatihan pengenalan wisata berjalan selama dua jam, yang disampaikan oleh Bapak Rio Christy Handziko. Setelah disampaikan konsep-konsep tentang apa itu berwisata, ada dua konsep yang ditawarkan dalam pelatihan ini. Konsep pertama menawarkan Desa Wisata, konsep kedua menawarkan Wisata Desa. Kedua konsep ini di sampaikan secara mendetail, sehingga kelompok mampu membedakan konsep tersebut. Perbedaan kedua konsep tersebut pada akhirnya, kelompok memilih salah satu konsep yang ditawarkan, dengan pertimbangan kelompok dan potensi yang dimiliki, kelompok lebih memilih focus pada konsep Wisata Desa. (arm)