PERTAMINA PEDULI LINGKUNGAN Penanaman 5000 Mangrove Rhizophora sp. Pantai Samas, Sanden, Bantul, Yogyakarta

Penanaman mangrove di Pengklik Samas

Sekitar 100 orang yang terdiri dari Staff Pertamina TBBM Rewulu, bersama dengan Yayasan Kanopi Indonesia, TNI Angkatan Laut Pantai Samas, Kelompok Pemuda Pemudi Baros (KP2B), Forum Komunitas Pemuda Pemudi Rejo Sari (FKPPRS), Warga, Siswa-siswi SD Tirtohargo dan SD Tegalsari melakukan kegiatan penanaman Mangrove di pesisir Desa Srigading, Sanden, Bantul, Yogyakarta.

IMGL2186Perwakilan TNI AL, Sutrisna mengatakan Bahwa “kegiatan penanaman mangrove ini sangat penting untuk mencegah abrasi dan mejaga keutuhan laut Indonesia dan kegiatan seperti ini harus dilakukan rutin setiap tahun” ucap Sutrisna, Sabtu 28 Mei 2016 saat memberi sambutan.

Senior Supervisor Receiving, Storage, and Distribution PT. Pertamina TBBM Rewulu, Jaka Utama  Menjelaskan bahwa kegiatan Pertamina Perduli lingkungan ini dilakukan dalam upaya keikutsertaan PT. Pertamina dalam kegiatan pengelolaan keanekaragaman hayati dan berkontribusi dalam upaya konservasi kawasan Pesisir dan Laut, serta jenis flora fauna.

Direktur Yayasan Kanopi Indonesia, Ma’ruf Erawan menuturkan bahwa kegiatan penanaman ini merupakan bagian dari kegiatan Pertamina Perduli Lingkungan Pada Tahun 2016. Pada kegiatan ini dilakukan penanaman sebanyak 5000 bibit Rhizophora sp. dengan sistem tanam koloni, yaitu satu ajir untuk 4 bibit mangrove. Hal ini bertujuan untuk memberi kekuatan pada bibit yang ditanam dan selain itu kawasan penanaman di beri pagar pembatas untuk mencegah sampah merusak ujung tunas dari bibit mangrove. (A.Rudiyanto)