Mongorek Potensi Taman Kehati Gunung Kidul, Surga Hayati di Tengah Kawasan Karst

1 pendataan bersama kelompok tani wanita

Kegiatan pendampingan Taman Keanekaragaman Hayati Bajo-Sengon oleh Yayasan Kanopi Indonesia. Kegiatan pendampingan ini sendiri akan dilakukan selama kurun waktu 20 bulan. Kegiatan ini baru saja berjalan, yaitu pada bulan Mei 2016 dilakukan Sosialisasi Program dan Pemetaan Kawasan Desa. Kemudian, Sosisalisasi program pada SKPD terkait di kantor KAPEDAL Gunung Kidul pada bulan Juli.

34 diskusi bersama kelompok tani wanita

Pada bulan Agustus ini kegiatan yang sedang dilakukan yaitu pemetaan dan pendataan jenis tanaman yang ada di Taman Keanekaragaman Hayati ini. Tujuan kegian ini nantinya akan memberi informasi mengenai potensi kawasan Taman Kehati dan tanaman lokal yang dapat diolah menjadi panganan lokal. Selama dua hari, 3-4 Agustus 2016 dilakukan pemetaan dan pendataan jumlah jenis tanaman di Blok Sengon wilayah Taman Keanekaragaman Hayati. Blok Sengon di Taman Keanekaragaman Hayati ini sebagian besar di dominasi oleh tanaman buah-buahan. Untuk kegiatan selanjutnya akan dilakukan pemetaan dan pendataan jenis tanaman pada Blok Bajo yang didominasi oleh beberapa tanaman keras dan beberapa tanaman buah-buahan.

Pada kegiatan pendampingan ini, pendamping juga tinggal bersama (live in) dengan anggota kelompok pengelola untuk lebih memudahkan dan optimal dalam proses pendampingan. Dari proses live in ini akan diperoleh banyak informasi untuk mendukung kegiatan di Taman Keanekaragaman Hayati. 5. makanan lokal taman kehatiSalah satu informasi yaitu mengenai penggunaan panganan lokal oleh masyarakat gunung kidul. Panganan lokal seperti nasi tiwul pada masa sekarang ini merupakan panganan yang sangat jarang, dan rata-rata anak muda sudah mulai meninggalkan makanan lokal yang dulunya menjadi makanan pokok ini. Dengan adanya kegiatan pendampingan ini, diharapkan masyarakat khususnya kelompok tani dapat kembali mengembangkan olahan panganan lokal yang berbahan dari tanaman yang ada dari Taman Keanekaragaman Hayati maupun sekitarnya.