Kelompok Batik Sidomulyo Mengikuti Workshop Pewarnaan (Bagian 2)

proses penjemuran

Pelatihan pewarnaan alam dilaksanakan pada hari Minggu 7 Agustus 2016, pukul 13.00 di Dusun Giriloyo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini digagas oleh Yayasan Kanopi Indonesia pelaksanaan dirumah Ibu Nurjanah selaku ketua kelompok Sido Mulyo, dengan dihadiri anggota kelompok sebanyak 12 anggota.

proses memasukan kain ke pewarna indigoPewarnaan alam pada pelatihan ini menggunakan pewarna indigo/indigofer. Dengan menggunakan pewarna indigo, selain mudah didapatkan indigo juga lebih mudah penggunaannya. Oleh karenanya pewarna indigo mudah digunakan karena tidak perlu direbus lagi karena sudah berupa pastel. Selain mudah didapat, sebagai pewarna alami indigo dinilai prospektif untuk tingkat kualitas batik, selain menghasilkan zat warna yang bagus, pewarna dari indigofera aman untuk lingkungan.

Dalam melakukan proses pembuatan larutan zat warna alam perlu disesuaikan dengan berat bahan atau ukuran kain yang akan dicelupkan kedalam zat warna alam, sehingga hasil yang didapat mencukupi untuk pencelupan. Banyaknya larutan zat warna alam yang diperlukan tergantung pada jumblah bahan yang akan diproses, misalnya berat bahan kain yang diproses 100 gram maka kebutuhan larutan zat warna alam adalah 3 liter.