Pelatihan Instalasi Biogas Plastik di Kelurahan Tandang

2

Kelompok Tani Tlumpak Makmur, Kelurahan Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Kelompok Tani Tlumpak Makmur merupakan kelompok yang mengembangkan pertanian organik dan peternakan. Tidak berbeda dengan kelompok tani pada umumnya peternakan yang dikembangkan adalah sapi, limbah yang dihasilkan peternakan selalu menjadi persoalan. Sejauh ini limbah kotoran ternak hanya digunakan untuk pupuk, sedangkan produksi limbah tenak yang dihasilkan semakin hari semakin menumpuk. Sehingga masalah yang timbul adalah bau kotoran sapi yang menyebar kepemukiman warga. Hal ini dikarenakan letak kandang yang berdekatan dengan rumah warga dan peternak.
Sabtu, 8 April 2017, Yayasan Kanopi Indonesia diundang menjadi fasilitator untuk memberi pelatihan pembuatan instalasi biogas plastik. Pelatihan teknis biogas plastik bertujuan untuk memberi solusi bagi kelompok Tani Tlumpak Makmur memanfaatkan kotoran sapi, sebagai sumber energi. Pelatihan ini disampaikan oleh Arif Nurmawan, salah satu staf Yayasan Kanopi Indonesia, memberikan pengetahuan mengenai teknologi sumber energi alternatif yaitu biogas plastik. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Semarang dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat Program Study Teknik Konversi Energi.

1

Pelatihan teknis biogas plastik bertujuan untuk mengenalkan teknologi biogas kepada kelompok Tlumpak Makmur sehingga mereka bisa memanfaatkan kotoran sapi sebagai sumber energi. Sekitar 15 peserta kelompok Tlumpak Makmur mengikuti pelatihan, peserta diberi pengenalan bahan dan praktek cara pembuatan instalasi biogas plastik. Dari hasil pelatihan ini diharapkan kedepannya kelompok Tlumpak Makmur tidak lagi kesulitan untuk menagani libah kotoran sapi, dan mampu memberi insfirasi kepada kelompok-kelompok tani lainnya.

3