PELATIHAN PEMANDU WISATA DAN PEMBUATAN JALUR WISATA TAMAN KEHATI

Ekowisata atau ekoturisme merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan. Pada tanggal 7-8 Maret 2018 telah dilakukan kegiatan pelatihan mengenai Pemandu Ekowisata di Taman Kehati dan pembuatan jalur wisata di Taman Kehati. Kegiatan tersebut dilakukan di Taman Kehati dan diikuti oleh 15 anggota KTW Sari Indah.

Pelatihan Pemandu Wisata (Pramuwisata) Ekowisata  dan pembuatan jalur wisata di Taman Kehati bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada pramuwisata bagaimana melakukan memandu dan mendampingi tamu dengan konsep-konsep berbasis lingkungan untuk di taman Kehati. Adapun materi pelatihan yang disampaikan meliputi

  1. merencanakan jalur dan menyajikan Informasi wisata di Taman Kehati,
  2. Mengkoordinasikan dan mengoperasikan Perjalanan Ekowisata dan
  3. Kepemanduan Ekowisata.

 

 

 

 

 

Untuk Merencanakan jalur dan menyajikan Informasi wisata di Taman Kehati dilakukan survey langsung di Taman Kehati. Kegiatan survey dilakukan pada tanggal 7 Maret 2018 oleh kelompok KTW Sari Indah dan Yayasan Kanopi Indonesia.  Survey yang dilakukan dengan mendata tanaman yang ada dan mencari informasi tentang tanaman tersebut. Kemudaian tanaman tersebut di lihat posisinya di dalam peta. Informasi dari tanaman nantinya akan digunakan untuk bahan penjelasan dan diskusi pemandu. Informasi tanaman yang didata antara lain nama tanaman, nama ilmiah, ciri tanaman, manfaat tanaman, dan cara penggunaan.  Seluruh informasi merupakan pengetahuan kelompok dan masyarakat sehingga nantinya akan memudahkan pemandu dalam menjelaskan informasi. Penentuan posisi tanaman di dalam peta  bertujuan untuk membuat jalur perencaaan wisata. Pohon yang terpilih kemudian ditandai dengan pita sehingga nantinya memudahkan dalam pencarian.

 

Pada hari kamis 8 Maret 2018 kegiatan dilanjutkan mensimulasikan rencana paket yang sudah disusun dan pelatihan pemandu. Simulasi ini bertujuan untuk mengetahui apakah rencana paket sudah sesuai dengan alokasi waktu yang sudah ditentukan. Selain itu simulasi ini juga melatih pemandu agar lebih menguasai tugas sebagai pemandu. Simulasi dengan cara kelompok memandu tim dadi kanopi. Terdapat 16 jenis tanaman yang dipilih untuk dijelaskan nantinya tanaman tersebut adalah: Belimbing, Wuni, Sirsak, Jambu air, Prono jiwo, Asem jawa, Jeruk warangan, Jambu biji, Kluwak, Kemiri, Manga, Sawo kecik, Sawo bludru, Nangka, cerme,srikaya. Untuk keterampilan/masak dalam kesempatan ini di coba 3 menu yaitu lotis buah, rujak wuni dan rujak mlanding. Seluruh bahan buah yang digunakan adalah buah yang dihasilkan oleh Taman Kehati.