Penanaman 1000 bibit di DAS Opak Sungai kuning Yogyakarta

Kali kuning merupakan salah satu sungai di Das OPAK yang berhulu digunung Merapi bergabung dengan Sungai opak di daerah kecamatan Piyungan. Pada saat ini ekosistem sungai sudah terganggu diantaranya karena letusan Gunung Merapi yang menyebabkan banjir lahar. Disamping itu semakin meningkatnya penduduk secara tidak langsung membuat ekosistem sungai kali kuning semakin terancam karena meningkatnya sampah di sungai serta rusaknya sempadan sungai. Padahal kali kuning memiliki peran penting dalam menyokong kehidupan masyarakat di Yogyakarta khususnya dalam pemenuhan kebutuhan air.

Kualitas lingkungan hidup di kali kuning sesungguhnya sangat dipengarui oleh keseimbangan keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya. Dalam rangka menjaga kualitas lingkungan hidup di Kali kuning sangat penting untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati. Salah satu cara untuk untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati di sepanjang sungai Das Opak khususnya hilir sungai kuning, adalah dengan cara kegiatan penanaman pohon khas pinggiran sungai. Selain dapat mencegah erosi, serta menyimpan air, pepohonan merupakan habitat bagi beragam makhluk hidup.

Pada tanggal 16 Maret 2018, telah dilakukan kegiatan penanaman secara seremonial oleh PT.Pertamina TBBM Rewulu dan Yayasan Kanopi Indonesia bersama warga Dusun Kuden, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan Bantul. Dusun ini dipilih sebagai lokasi penanaman karena berdekatan Kali Kuning sekaligus tempat bermuaranya Kali Kuning di Sungai Opak. Sebelum acara seremonial ini, pada Minggu, 25 Februari 2018 juga telah ditanam 500 bibit buah di pinggir sungai serta sekitar pekarangan rumah yang melibatkan warga masyarakat dusun kuden. Jenis buah buahan yang ditanam antara lain jambu (Psidium guajava), alpukat (Persea americana), durian (Durio sp), cempedak (Artocarpus integer), pisang (Musa sp), dan pala (Myristica fragans).

Sebelum penanaman, dilakukan upacara yang diisi beberapa sambutan dari perwakilan para pihak. Sambutan dari perwakilan masyarakat disampaikan Kepala Dusun Kuden Bapak. Iswahyudi, dilanjutkan sambutan dari Direktur Yayasan Kanopi Indonesia oleh Bapak Arif Rudiyanto S.Si dan terakhir Operation Head PT. Pertamina TBBM Rewulu, Bapak Bambang Soeprijanto. Pada acara ini juga dilakukan penyerahan bibit tanaman secara simbolis 3 jenis  tanaman yang terdiri gayam (Inocarpus fagiferus) dan saputangan (Maniltoa grandiflora) dan jambu(Psidium guajava) dari PT. Pertamina TBBM Rewulu kepada Masyarakat Kuden. Operation Head PT. Pertamina TBBM Rewulu memimpin penyerahan bibit tersebut kepada kepala Dusun Kuden dan perwakilan santri TPA Al-Muhtadin.

Selepas upacara serah terima dilanjutkan penanaman pohon di pinggiran kali kuning oleh staff Pertamina TBBM Rewulu dan Yayasan Kanopi Indonesia beserta masyarakat Kuden. Jenis yang ditanam dalam acara ini meliputi bambu (Bambusa sp), gayam (Inocarpus fagiferus) dan saputangan (Maniltoa grandiflora). Setelah penanaman seluruh peserta bertubbing ria bersama Kelompok Pengelola Kampung Wisata Kuden. Seperti diketahui di Kampung Kuden ini tengah dikembangkan wisata tubbing yang memanfaatkan aliran kali kuning yang deras sebagai lintasannya. Selepas penanaman ini setiap bulan akan dilakukan pemantauan secara rutin untuk mengontrol pertumbuhannya.(amr/rn/ir)