Sehat Dengan Membuka Jendela Di Pagi Hari

Kesehatan, untuk mendapatkan hidup sehat berawal dari lingkungan yang paling kecil dulu, yaitu rumah. Memulai dengan melihat lingkungan sekitar apakah kondisi di rumah sudah sehat.

Di sekeliling kita, banyak ditemukan bangunan atau gedung dimana-mana. Secara umum sebuah bangunan merupakan kepribadian dari pemilik bangunan tersebut, baik bentuk arsitekturnya maupun interiornya. Benuk-bentuk bangunan sendiri sangat banyak model atau jenisnya, seperti bangunan sekolah, bangunan rumah sakit, bangunan tradisional, bangunan komersial, dan salah satunya yaitu rumah. Bangunan rumah sebagai tempat tinggal kita, tempat berlindung dari cuaca, privasi, tempat menyimpan barang, tempat bekerja, dan tempat dimana kita menjalin hubungan sosial dengan keluarga.

Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita melakukan aktifitas dengan kesibukan masing-masing, dan terdapat berbagai macam aktifitas didalam rumah yang rutin dilakukan. Aktifitas tersebut pada dasarnya memang tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan, namun terkadang sebagian orang merasa bosan dengan aktifitas yang dilukan. Sebagian besar aktifitas di dalam rumah yang biasa dilakukan yaitu membersihkan rumah, menghidupkan dan mematikan lampu, dan satu hal yang sering dilupakan yaitu membuka  jendela.

Mengapa jendela rumah kita harus dibuka?

Dengan kebiasaan membuka jendela di pagi hari akan memberikan pangaruh baik untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini tertuang dalam beberapa penelitian dan studi yang pernah dilakukan, bahwa membuka jendela pada pagi hari akan memberikan kemudahan udara baru dan sinar matahari untuk masuk. Hal ini akan mengurangi dan membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit, selain itu membuka jendela juga akan membuat udara dalam rumah tidak pengap dan sumpek.

Untuk mendapatkan udara yang baru dan segar di pagi hari, menjadi penting dan dipertimbangkan dalam merancang sebuah bangunan. Bahwa, jendela tidak dilupakan dalam membuat konsep sebuah bangunan, mulai dari sekolah, kantor, rumah sakit dan rumah. Hal tersebut untuk mengurangi risiko terinfeksi bakteri yang dibawa debu.

Membangun rumah tidak melulu bentuk bangunan tampak mewah dan megah. Ada dua hal penting yang harus diperhatikan yaitu tata pencahayaan dan penghawaan, dua elemen ini menjadi perhatian khusus dalam membuat konsep bangunan. Dengan tujuan agar ruang-ruang di dalam bangunan mendapat pencahayaan dan penghawaan alami, dengan demikian kesehatan keluarga tetap terjaga.

Jangan lupa lakukan kebiasaan kecil membuka jendela tiap hari untuk hidup yang lebih baik.

Teks Oleh : Rahman / Yayasan Kanopi Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *