+628112959964
yayasankanopiindonesia@gmail.com | kanopi-indonesia@yahoo.com

Pendampingan Kelompok Tani Konservasi Plasma Nutfah

Mengembangkan Pemanfaatan Lestari Keanekaragaman Hayati Indonesia Dengan Penelitian, Pendidikan dan Diseminasi Informasi

Pendampingan Kelompok Tani Konservasi Plasma Nutfah

Pada tahun 2008 Kanopi Indonesia mendapat kesempatan untuk mendampingi kelompok tani konservasi dalam berproses. Kelompok tersebut berada di desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman dan dibentuk oleh PPLH Regional Jawa.  Pada awal pembentukannya kelompok tani ini dibentuk untuk mengalihkan aktifitas masyarakat dari yang sebelumnya adalah perumput dan pengambil kayu/pembuat arang menjadi masyarakat pembudidaya tanaman hias.

Perubahan tersebut tidaklah mudah, meskipun semua infrastruktur telah dipersiapkan dari penyediaan bibit tanaman, tempat dan bangunan, hingga kepada pemasarannya, namun budidaya tanaman hias bukanlah hal yang mudah. Bagi mereka yang belum biasa, terdapat kesulitan besar untuk merawat tanaman hias yang memiliki kekhususan cara-hidup masing-masing. Pada awalnya sebagian besar masyarakat merasa gagal dan justru terbebani oleh kegiatan budidaya tersebut. Akibatnya semangat kerja turun drastis dan kelompok tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Oleh karena itu diperlukan pendampingan, terutama untuk membangkitkan kembali semangat masyarakat.

Dari pelaksanaan pendampingan yang dilakukan, masyarakat kemudian menyusun kembali kerangka kerja dan pembagian tugasnya, rekomitment dan bahkan kemudian membentuk kelompok yang secara inisiatif sendiri didaftarkan sebagai salah satu kelompok tani di wilayah desa Glagaharjo dengan nama Kelompok Tani Konservasi Plasma Nutfah Merapi Sekar Makmur. Dari pihak desa bahkan kemudian terdapat komitmen untuk menyediakan lahan seluas 10 Ha tanpa sewa bagi kelompok untuk berkegiatan.

Pada akhir periode pendampingan dilakukan penghijauan di wilayah kerja yang disediakan dengan menggunakan tumbuhan asli Merapi dan beberapa jenis tanaman kehutanan yang umum digunakan.

 

Comments are closed.

Translate »