+628112959964
yayasankanopiindonesia@gmail.com | kanopi-indonesia@yahoo.com

Pager Gunung dan KOMPLEET Rehabilitasi Hutan Slamet

Mengembangkan Pemanfaatan Lestari Keanekaragaman Hayati Indonesia Dengan Penelitian, Pendidikan dan Diseminasi Informasi

Pager Gunung dan KOMPLEET Rehabilitasi Hutan Slamet

Desa Melung, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas merupakan daerah Lereng Selatan Gunung Slamet. Wilayah Desa ini merupakan hulu Sungai Banjaran yang merupakan sungai dengan debit air terbesar di Kabupaten Banyumas. Kawasan tersebut mempunyai ratusan anak sungai yang merupakan anak Sungai Banjaran yang dahulu mengalir deras sepanjang tahun. Beberapa anak sungai dimanfaatkan sebagai sumber air bersih masyarakat Desa Melung dan juga pengairan persawahan. Selain itu, kawasan ini juga menjadi habitat penting primata endemik pulau jawa yang terancam punah yaitu Owa Jawa (Hylobates moloch) dan Rekrekan (Presbytis fredericae).

Kondisi hutan di kawasan hulu sungai Banjaran sudah rusak karena penebangan, hal ini diperparah juga dengan penebangan pohon-pohon di sepanjang aliran sungai yang berfungsi sebagai penyimpan air dan penghambat erosi. Masyarakat yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani merupakan penerima dampak rusaknya hutan. Debit air irigasi yang mulai berkurang menyebabkan aktifitas pertanian terutama di musim kemarau terganggu. Lahan menjadi kurang produktif dan imbasnya penghasilan masyarakat menurun. Selain kebutuhan air untuk pertanian, persediaan air bersih untuk konsumsipun sudah dirasakan mulai berkurang.

Kondisi yang semakin tidak menguntungkan ini menimbulkan keprihatinan yang mendalam bagi masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat diseputaran Kabupaten Purwokerto. Salah satu diantaranya yang aktif dalam kegiatan rehabilitasi hutan tersebut adalah Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pager Gunung yang didampingi intensif oleh LSM Komunitas Peduli Slamet (KOMPLEET).

Program yang sedang dikembangkan adalah reboisasi daerah sepanjang aliran sungai yang terdapat di hutan pangkuan desa Melung dengan menanam jenis-jenis yang memiliki fungsi penting dalam konservasi air tanah, sekaligus memberikan keuntungan ekonomis non kayu bagi masyarakat secara berkelanjutan. Dengan melakukan penanaman jenis-jenis non kayu diharapkan tidak akan terjadi penebangan kembali, tetapi masyarakat sekitar tetap mendapat keuntungan dengan mengambil hasil dari tanaman tersebut, sebagai contoh tanaman aren. Tanaman ini sangat cocok sebagai salah satu tanaman untuk rehabilitasi, karena selain fungsinya yang dapat mengikat air, tanaman ini  juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk disadap dan dijadikan gula aren.

 

Kegiatan yang dilakukan “Pager Gunung” dan KOMPLEET ini sudah mulai berjalan dan akan terus berjalan sampai dengan kondisi hutan khususnya Lereng Selatan Gunung Slamet kembali seperti semula. Pun begitu kegiatan yang dilakukan masih banyak terkendala, terutama dalam hal dukungan dari pihak-pihak terkait (pemerintah) dan pendanaan yang selama ini masih diusahakan secara swadaya. Kegiatan terdekat yang akan dilakukan Pager Gunung dan KOMPLEET adalah penanaman kurang lebih 10.000 bibit yang bekerjasama dengan Yayasan Kanopi Indonesia dan Universitas Terbuka.

Bagi pihak-pihak yang ingin berkontribusi dalam kegiatan rehabilitasi di seputaran Gunung Slamet khususnya Lereng Selatan Gunung Slamet dapat berkoordinasi langsung dengan Pager Gunung dan KOMPLEET yang beralamat di : Jl. Raya Baturraden KM.1 No.188 Purwokerto. Phone: 0281 626292, dan di website KOMPLEET dengan alamat: www.kompleet.org.

 

Comments are closed.

Translate »