+628112959964
yayasankanopiindonesia@gmail.com | kanopi-indonesia@yahoo.com

Hijaukan Bumimu Untuk Masa Depanmu

Mengembangkan Pemanfaatan Lestari Keanekaragaman Hayati Indonesia Dengan Penelitian, Pendidikan dan Diseminasi Informasi

Hijaukan Bumimu Untuk Masa Depanmu

Kegiatan Penghijauan Bantuan Sosial Universitas Terbuka

Part.1 Inception Workshop

Photo: Inception Workshop Penanaman Pohon, Yayasan Kanopi Indonesia bersama mitra lokal (YAPEKA & Trunojoyo)</p>
<p>"Hijaukan bumimu, untuk masa depanmu"

Kegiatan yang diadakan pada tanggal 20-21 juli 2013 ini merupakan kegiatan awal untuk program Penanaman Pohon Abdimas Universitas Terbuka tahun 2013 yang akan dilakukan di di Bogor dan Surabaya. Dalam program ini, Yayasan Kanopi Indonesia menggandeng dua mitra yang akan bekerjasama di masing-masing site penanaman, yaitu YAPEKA (Bogor), dan kelompok tani TRUNOJOYO (Surabaya).

Kegiatan yang diselenggarakan di LPP Convention Hall di Yogyakarta ini bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada mitra mengenai program bantuan sosial, mengetahui kondisi dan isu-isu yang ada di tiap lokasi kegiatan serta memetakan permasalahan dan strategi penanganannya untuk penanaman di setiap lokasi. Di akhir workshop akan dilakukan penandatanganan MOU antara Yayasan Kanopi Indonesia dengan lembaga mitra yaitu YAPEKA dan kelompok tani TRUNOJOYO.

Kegiatan penanaman di kedua lokasi akan dilaksanakan sekitar Bulan Oktober 2013. Untuk wilayah Surabaya, kegiatan yang dilakukan adalah menanam 30.000 bibit mangrove dari jenis Bruguiera gymnorrhiza dan Rhizopora apiculata yang akan dilaksanakan di pinggiran Sungai Afur, Wonorejo, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. Pemilihan lokasi ini berdasarkan bahwa daerah ini merupakan area yang terkena abrasi air laut, kawasan pantai timur Surabaya dari tahun 2001 – 2010 mengalami penurunan sekitar 2.314,38 Ha dan luasan hutan mangrove di Wonorejo tercatat 2005 – 2010 terus mengalami kerusakan sekitar 0,5 Ha.

Jika di Surabaya menanam mangrove, maka di Bogor akan menanam 30.000 bibit tanaman hutan lokal. Lokasi penanaman berada di wilayah dataran tinggi yaitu di Telaga Warna, tepatnya Dusun Cibulao dan Dusun Cikoneng, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pemilihan lokasi sendiri didasarkan bahwa area ini merupakan daerah tangkapan dan tampungan air bagi wilayah kota Bogor dan Jakarta. Sacara umum, wilayah Telaga merupakan wilayah perkebunan teh. Area hijau semakin sempit dengan semakin luasnya perkebunan teh. Trend ini akan mengurangi area hijau yang merupakan daerah tangkapan air yang akan menyuplai keberlangsungan hidup masyarakat di Bogor dan Jakarta. Selain area penting bagi tangkapan air, wilayah ini juga merupakan daerah konservasi beberapa satwa dilindungi, diantaranya adalah Elang Jawa dan Owa Jawa. Elang Jawa merupakan satwa lambang negara yang lebih kita kenal sebagai garuda. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan reaktif melalui kegiatan penanaman untuk mengimbangi laju degradasi area hijau yang semakin cepat.

 

 

Translate »