+628112959964
yayasankanopiindonesia@gmail.com | kanopi-indonesia@yahoo.com

Kami Yang Muda Kami Yang Peduli!

Mengembangkan Pemanfaatan Lestari Keanekaragaman Hayati Indonesia Dengan Penelitian, Pendidikan dan Diseminasi Informasi

Kami Yang Muda Kami Yang Peduli!

Penanaman Mangrove Bersama Komunitas Peduli Lingkungan

Pasir Mendit. Anak muda penerus bangsa sudah sewajarnya peduli terhadap lingkungan. Kepedulian tersebut dapat dituangkan dalam sebuah kegiatan yang positif. Gerakan penanaman 1 milyar pohon yang dicanangkan Presiden SBY menjadi tolak ukur keikutsertaan berbagai pihak untuk menyumbangkan tenaga dalam menghijaukan bumi nusantara. Hal ini juga tak lepas dari salah satu keluaran kegiatan konservasi mangrove di pesisir Pasir Mendit Jangkaran Temon Kulonprogo bersama Kanopi Indonesia dan Yayasan KEHATI. Bersama kelompok pelestari mangrove Wanatirta selama setahun ini telah melakukan pembibitan sebanyak 5000 bibit mangrove. Bibit-bibit tersebut pada akhirnya ditanam oleh berbagai komunitas peduli lingkungan. Sejak Mei 2014, berbagai komunitas di Yogyakarta berkegiatan menanam mangrove bersama Wanatirta. Sebut saja mahasiswa dari UGM yang telah menaman 2300 bibit, Poltekes Jogja sebanyak 200 bibit, UNY 1000 bibit, komunitas sepeda federal Jogja 1000 bibit dan sekber perkumpulan mahasiswa pecinta alam se-DIY sebanyak 500 bibit.

Masih di bulan September 2014, sebanyak 60 mahasiswa yang tergabung dalam sekber mapala se-DIY melakukan penanaman 500 bibit mangrove jenis bakau. Tidak hanya menanam, mereka pun dibekali oleh materi mengenal jenis mangrove di Jangkaran dan cara menanam bibit mangrove yang benar. Pemberian materi dilakukan oleh Bapak Warto Suwito selaku kader konservasi dari kelompok Wanatirta. Menanam mangrove memang masih menjadi hal baru bagi mereka. Bahkan ketertarikan dengan mangrove semakin besar, saat Pak Wito bercerita tentang fungsi dan manfaat dari tumbuhan mangrove. Banyak hal menarik yang mereka (red: mapala) temui dalam kegiatan ini. Selama ini kegiatan mereka identik dengan kegiatan di gunung dan atau hutan sebagai perwujudan cinta terhadap alam. Mencintai dan menyelamatkan alam tidak hanya dengan sering mendaki gunung atau menyusuri gua namun dapat dilakukan dengan menaman pohon, seperti yang dikatakan oleh Ma’ruf Erawan dari Kanopi Indonesia.

Animo yang cukup tinggi terhadap kegiatan penanaman mangrove di Pasir Mendit telah menjadi cambuk bagi kelompok Wanatirta untuk terus berpartisipasi aktif. Salah satu hasil yang telah tampak adanya kegiatan pembibitan mangrove yang dilakukan secara mandiri oleh kelompok. Dari kegiatan pembibitan tersebut telah dapat dilihat hasilnya untuk pemanfaatan lebih lanjut. Pelan namun pasti kegiatan konservasi mangrove di pesisir Jangkaran akan semakin tumbuh membaik. Pertumbuhan tidak hanya milik tumbuhan mangrove saja, namun juga milik masyarakat sekitar pesisir Jangkaran. Ke depan, kegiatan konservasi mangrove tidak hanya membawa konservasi namun juga peluang strategi ekologi ekonomi sesuai daya dukung lingkungan kawawan pesisir Jangkaran.

 

Translate »