+628112959964
yayasankanopiindonesia@gmail.com | kanopi-indonesia@yahoo.com

Biodiversity Warrior Camp & Journey, Yogyakarta 2014

Mengembangkan Pemanfaatan Lestari Keanekaragaman Hayati Indonesia Dengan Penelitian, Pendidikan dan Diseminasi Informasi

Biodiversity Warrior Camp & Journey, Yogyakarta 2014

Kabar gembira untuk para penulis muda Indonesia yang tidak lelah berusaha membuat perubahan melalui karya-karya tulisan yang tergabung dalam gerakan Biodiversity Warrior. Bagi para warrior yang telah mendapatkan 1000 point akan mengikuti ” Camp & Journey” bersama Yayasan Kanopi Indonesia di Yogyakarta pada tanggal 5, 6 dan 7 Desember 2014.

Gerakan yang digagas Yayasan Kehati ini digunakan sebagai media untuk mempopulerkan keanekaragaman hayati ke seluruh Indonesia, baik dari sisi keunikan, manfaat, potensi, serta pelestariannya. Melalui dunia maya mereka menyebarkan informasi kepada publik sekaligus bertukar informasi. Aksesibilitas internet yang menjangkau segala penjuru akan memberikan kekuatan pada informasi yang disebarluaskan tersebut sehingga perubahan dapat terjadi. Oleh Yayasan KEHATI, informasi tersebut akan disalurkan pada pembuat kebijakan, organisasi lingkungan, dan lembaga penelitian. Melalui saluran yang tepat secuil informasi dari para Biodiversity Warriors akan mampu membuat perubahan. Selain itu para Biodiversity Warriors ini akan dididik menjadi citizen scientist agar informasi yang dihasilkan dan kemudian dibagikan bernilai ilmiah.

Goa Jomblang & Taman Kehati

Tahun ini 2014 kali pertama sebagai penghargaan bagi para warrior yang mengumpulkan 1.000 poin diberikan hadiah untuk berpetualang di Yogyakarta. Tepatnya di Goa Jomblang dan Taman Kehati yang terletak di Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini dilaksanakan Yayasan Kehati bekerjasama dengan Yayasan Kanopi Indonesia dalam acara yang bertajuk Biodiversity Warrior Camp & Journey 2014.

Tidak sekedar petualangan, dalam acara ini juga akan diisi materi-materi untuk menambah kapasitas para warrior khususnya dalam hal petualangan, keanekaragaman hayati dan jurnalistik. Para warrior akan belajar banyak dari para pemateri yang merupakan “master” dibidangnya masing-masing. Diantaranya adalah Cahyo Alkantana yang terkenal dengan program TEROKA-nya disalah satu statiun tv akan membagi ilmu tentang “Goa dan Enterpreunership Kegiatan Alam Bebas”, Dwi Oblo dan Pak Pinto para senior fotografi dan jurnalistik yang berpengalaman sebagai kontributor foto baik untuk media nasional maupun international akan berbagi ilmu mengenai “Fotografi dan Foto Jurnalistik”, dan yang terakhir adalah Juswono yang merupakan senior aktifis lingkungan khususnya karst dan pesisir akan berbagi pengetahuan tentang “Biodiversitas Karst”. Sepulang berkegiatan, para warrior akan berbagi pengalamannya dengan kita semua dalam karya-karya tulisan mereka di website Biodiversity Warrior.

Tahun ini sudah terpilih 10 Warrior dari seluruh Indonesia, bagi para pembaca semua yang ingin seperti 10 warrior ini, silahkan daftar dan rajin menulis di website Biodiversity warrior.

Selamat bagi para pemenang, sampai jumpa di Yogjakarta.

!!!Selamat berpetualang!!!

Translate »