PELATIHAN MANAJEMEN KELOMPOK BATIK SIDO MULYO

Jpeg
Tanggal 6 November 2015, di rumah Ibu Nurjanah, yang berada di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul telah dilakukan pelatihan manajemen kelompok batik untuk kelompok Sido Mulyo. Pelatihan ini terselenggara atas kerjasama Yayasan Kanopi Indonesia dengan Rain Forest Coffee.

Dalam kegiatan pelatihan itu, diisi oleh Katrine, sebagai pemateri. Pelatihan menajemen kelompok ini bertujuan untuk menguatkan kelompok dengan cara menguatkan dasar-dasar dari berdirinya sebuah kelompok itu sendiri.

Dalam pelatihan ini, pemateri mengambil contoh kasus kelompok batik Jenggolo, yang berada di Umbulharjo, pandean. Hal ini untuk memancing ide-ide kreatif ibu-ibu kelompok batik Sido Mulyo, agar keluar dan kemudian menjadi bahan pertimbangan untuk memantapkan dasar-dasar kelompok ini.

Dalam diskusi ini, penting sekali yang disebut dengan brand atau merk sebagai identitas suatu produk, dalam hal ini batik. Kasus di Jenggolo, brand atau merk itu menjadi penting karena membantu dalam hal marketing atau pemasaran. Selanjutnya adalah wacana, yang mana tujuan dari wacana atau cerita ini, ialah menyebar luaskan barang dagangan, dari mulut ke mulut, dalam obrolan sehari-hari. Contoh keunikan atau cerita yg ditawarkan: pelatihan batik dan kegiatan jumputan, yang berusaha memadukan antara paket wisata budaya (jumputan) dan pelatihan batik.

Dalam diskusi ini juga dibahas aspek-aspek penting yang harus diperhatikan dalam mengelola kelompok, yang utama adalah sumber daya manusia, meliputi: tujuan umum, perencanaan, menyesuaikan perbedaan karakteristik masing-masing anggota, kepemimpinan, pendampingan, penetapan kompensasi, dan keistimewaan bagi anggota