Kucing Peliharaan ; Mengajak Untuk Lingkungan Bersih

Hewan kesayangan merupakan hewan yang sangat menguntungkan untuk dikembangbiakan dengan berbagai tujuan dan dapat memberikan sumbangan untuk kebahagian. Salah satu hewan kesayangan yang perlu mendapat perhatian untuk dipelihara dan dikembangkan adalah kucing (ensiklopedi Indonesia 11988).

Kucing (Felis silvestris catus) adalah binatang karnivora, hewan ini telah bebaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM. Saat ini kucing merupakan salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia, cukup beragam alasan memiih kucing sebagai hewan peliharaan, mulai dari hobi, teman bermain, dan sebagai lahan bisnis, baik sampingan dan bahkan sampai menjadi lahan bisnis pokok penopang hidup keluarga. Memiliki hewan peliharaan adalah hobi tersendiri karena tidak semua orang memiliki keinginan untuk menyayangi dan merawatnya, dengan kita merawat hewan tersebut otomatis kita harus mengeluarkan biaya ekstra untuk memberi makan dan perlengkapan lainnya. Namun dibalik itu dengan memelihara hewan dapat melepas stres dan menjadikan hewan peliharaan sebagai teman untuk disayangi, disamping itu juga memiliki hewan peliharaan juga mempunyai nilai positif seperti memelihara kucing dengan kelucuan tingkah dan warna-warna yang lucu membuat kita akan lebih menyayangi hewan peliharaan itu.

Kucing kapung yang di pelihara di kantor Kanopi Indonesia

Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed). Memiliki senjata berburunya yang sangat komplit mulai dari gigi dan cakar untuk kekuatan, kaki yang lincah cepat dan memiliki peredam, mata dan telinga yang sangat tajam, hingga pola bulunya yang berkamuflase dengan alam sekitarnya (Hartini, 2012). Kucing merupakan hewan karnivora sejati, sistem pencernaan kucing beradaptasi sedemikian rupa sehingga hanya mampu mencerna unsur pakan hewan, baik mekanis maupun enzimatis. Indera pengecap menjadi sangat penting dan merupakan mekanisme hewan memilih pakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan menghindarkan diri dari sebaliknya. Kucing tidak mempunyai pengecap manis yang umumnya berasal dari unsur nabati, namun lebih beradaptasi terhadap pengecap pahit.

Kesehatan kucing sangat penting diperhatikan mengingat ektoparasit pada kucing dapat berdampak buruk bagi sang pemilik yang sangat dekat dengan hewan peiharaannya dan sering membawa kucing dalam aktivitasnya sehari-hari. Ektoparasit umumnya dapat mengganggu kesehatan, misalnya penyakit kulit, anemia, gangguan hipersensitivitas, dermatitis dan sebagai vektor penularan penyakit

Penyakit infeksi yang masih endemis namun tidak memperoleh respon dari masyarakat adalah toksoplasmosis (Wahyu, 2007). Toksoplasmosis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit protozoa Toxoplama gondii. Toxoplama gondii berasal dari bahasa latin toxon yang artinya adalah busur dan plasma yang berarti bentuk, atau dapat diartikan sebagai bentuk yang serupa dengan busur. Penemuan dari Toxoplama godii adalah Nicolle dan Manceaux pada tahun 1908 yang menemukan keberadaan protozoa tersebut pada limpa dan hati hewan pengerat yang diamati (Chahaya, 2010).

Sebagai saran uraian singkat diatas, tindakan yang aman dilakukan untuk mencegah infeksi Toxoplasma gondii melalui fases kucing adalah dengan cara rutin membersihkan kotoran kucing yang di sekitarnya. Apabila terdapat kotoran kucing dilingkungan tempat tinggal sebaiknya segera dibuang untuk mencegah terjadinya proses sporulasi pada ookista sehingga bersifat infektif bagi manusia. Dalam upaya pencegahan dan pengendalian kejadian toxoplasma, maka yang perlu diperhatikan adalah lingkungan dan faktor kebersihan. Untuk menyikapi hal tersebut bahwa kucing merupakan hewan penting dalam penularan Toxoplasma, namun kucing tida akan membawa penyakit Toxoplasma atau menjadi hewan penular Toxoplasma apabila kita bisa menjaga kebersihannya, dipelihara di dalam rumah dan melakukan upaya-upaya pencegahan agar tidak terlular Toxoplasma, dan akan menjadi lebih aman kucing diberikan vaksinasi Toxoplasma.

Teks oleh Rahman / Yayasan Kanopi Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *