Laporan Monitoring Gelatik Jawa Bulan ke-3

Monitoring gelatik jawa pada tanggal 2 Mei 2019 dilakukan dengan menggali informasi dengan MPBJ perihal perjumpaan dengan gelatik jawa. Namun, selain informasi perjumpaan yang didapatkan pada tanggal 5 April 2019 di Pasar Cublak, belum ada informasi lebih lanjut tentang keberadaannya. Berkaitan dengan laporan perjumpaan gelatik jawa di Pasar Cublak tercatat dua kali perjumpaan, maka perlu adanya pengamatan yang lebih intensif di sekitar area tersebut.

Pengamatan lapangan dilakukan di sekitar Gunungkelir yang merupakan lokasi pelepasliaran gelatik jawa. Cuaca cerah dengan sesekali mendung dan sempat terjadi gerimis ringan. Dari hasil pengamatan tidak dijumpai gelatik jawa, namun beberapa jenis burung yang dijumpai antara lain burung madu jawa, burung madu sriganti, cucak kutilang, cucak kuning, pelanduk semak, dan cabai bunga api.

Pelanduk semak yang teramati ketika sedang melakukan monitoring Gelatik Jawa.

Selain itu, berdasarkan informasi warga sekitar yang kebetulan bertemu saat sedang melakukan pengamatan, gelatik jawa sudah tidak pernah terlihat lagi. Salah satu warga menyebutkan pernah terlihat di dekat puskesmas (area Pasar Cublak). Namun tidak ada kejelasan berapa ekor dan kapan waktu tepatnya. Hal ini berarti bahwa masyarakat di sekitar Gunungkelir memiliki jaringan komunikasi yang baik terkait informasi tentang perjumpaan dengan burung gelatik jawa.

Monitoring juga dilakukan di sekitar Pasar Cublak sejumlah 3 titik pengamatan. Namun, tidak dijumpai gelatik jawa. Burung-burung yang dijumpai walet linci, burung madu kelapa, cipoh kacat, dan kutilang. Ketika pengamatan di titik koordinat 2, burung madu kelapa sangat riuh berkicau dan terbang-hinggap dari pohon kelapa yang satu ke yang lainnya. Ada kemungkinan, burung gelatik cukup terganggu dengan kondisi yang terlalu ramai tersebut sehingga tidak terlihat di titik koordinat 2.

  • Titik koordinat 1: 07°45’11.72’’ – 110°07’28.89’’ ; 716 mdpl
  • Titik koordinat 2: 07°45’10.25’’ – 110°07’22.08’’ ; 731 mdpl
  • Titik koordinat 3: 07°45’12.52’’ – 110°07’22.62’’ ; 730 mdpl

Kesimpulan

  • Perlu pengamatan yang lebih intensif untuk mendokumentasikan keberadaan gelatik jawa secara langsung.

Teks oleh : Nurina Indriyani / Yayasan Kanopi Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *