Manfaat Bintang Laut Untuk Ekosistem

Bintang laut adalah hewan invertebrata dari genus asteroidea yang memiliki tubuh simetris bilateral dan memiliki kulit berduti. Meskipun tak bertulang belakang, namun bintang laut memiliki rangka yang berfungsi sebagai perlindungan diri. Sedangkan kaki-kaki bintang laut berfungsi untuk bergerak dan merayap. Hewan yang termasuk dalam filum Echinodermata mendiami zona intertidal sampai ke zona abyssal, dan bisa dijumpai di perairan tropis samapi derah kutub yang memiliki suhu dingin.

Banyaknya jenis bintang laut diseluruh dunia yang memiliki peran masing-masing untuk keseimbangan ekosistem. Dengan berbagai perannya, ada yang berperan sebagai predator seperti memakan kerang mutiara dan memakan jenis koral contoh bintang laut mahkota duri Acanthaster planci, ada juga bintang laut sebagai detrivor memakan hewan yang telah mati dan membusuk dan peran lain sebagai dekomposer yang mampu menguraikan bahan organic contohnya seperti bintang laut biru Linckia laevigata.

Bintang laut biru Linckia laevigata.

Secara keseluruhan peran dari bintang laut ini sangat penting bagi keberlangsungan ekologi kehidupan laut, karena menjadi bagian penting dalam rantai makanan yaitu sebagai konsumen primer. Selain itu perannya juga turut serta dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut. Oleh karena itu setiap biota laut mempunyai perannya masing-masing dalam menjaga keseimbangan ekosistem, maka sebagai manusia harusnya kita juga ikut menjaga kelestarian laut sehingga keseimbangan laut bisa tetap terjaga.

Teks oleh : Ujang Suhendar / Yayasan Kanopi Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *