Pelatihan Manajemen Kelompok Bersama Kelompok Pemuda Pemudi Baros (KP2B)

Membangun masyarakat yang sadar lingkungan pesisir memerlukan generasi muda yang tangguh melalui kelompok pemuda. Kelompok pemuda sebagai pelaku utama dalam pembangunan di area pesisir harus konsisten dan memiliki komitmen untuk berkembang. Untuk itu perlu suatu upaya pemberdayaan kelompok pemuda agar tercipta para pelaku penggiat lingkungan yang mandiri dan professional. Secara umum pemberdayaan diartikan sebagai upaya yang dilakukan oleh pemuda/kelompok pemuda dalam meningkatkan penguasaan dan pemanfaatan sumberdaya dari dalam maupun dari luar untuk mencapai tujuan.

Kelompok dapat diartikan sebagai dua atau lebih individu yang berinteraksi dan saling bergantung yang bekerjasama untuk meraih tujuan tertentu.  Suatu proses yang berhubungan dengan bagaimana seseorang dapat mengolah atau mengurus suatu rangkaian kelompok, dari membina anggota hingga penyelesaian masalah dalam kelompok.  Untuk mengoptimalakan fungsi dari klompok pemuda tersebut maka diperlukan manajemen klompok pemuda yang baik. Dalam manajemen sebuah kelompok pemuda biasanya terdiri dari empat buah kegitaan yaitu: perencanaan, penorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi.

Pelatihan manajemen kelompok telah dilaksanakan pada tanggal 19 oktober 2018, bertempat di gedung Balai Desa, Dusun Baros, Desa Kretek Kecamatan Baros Bantul D.I Yogyakarta. Materi disampaikan oleh Bapak Agustinus Wijayanto Dari Yayasan Pendidikan Konservasi Alam (YAPEKA) Bogor. Jumlah peserta pelatihan sekitar 30 orang yang terdiri dari kelompok pemuda di sekitar pantai Baros yang tergabung dalam kelompok Pemuda Pemudi Baros (KP2B). Dengan adanya pelatihan manajemen maka kelompok pemuda dapat mengelolak kelompok dengan manajemen yang baik.

Teks oleh : Ujang Suhendar / Yayasan Kanopi Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *