Studi Banding Kelompok Pelestari Mangrove “Sida Asih” Kutawaru Cilacap.

Pada tanggal 15-17 Februari 2019, PT. Pertamina (Persero) Depot LPG Cilacap telah mengadakan kegiatan Studi Banding Kelompok Masyarakat Pelestari Mangrove “Sida Asih” Kutawaru. Kegiatan ini merupakan subkegiatan dari “Peningkatan Kapasitas Masyarakat Pelestari Mangrove Dampingan Depot LPG Cilacap dalam pembibitan mangrove dan pembuatan olahan berbahan dasar mangrove untuk pemanfaatan secara berkelanjutan”. Studi Banding dilakukan di 3 tempat yaitu Stasiun Informasi Mangrove “Ngebruk”-Semarang, Kelompok Tani Hutan “Wanapaksi” Kulonprogo-Yogyakarta, dan Ekowisata Demang Gedi dan Armajo, Purworejo.

Kelompok berangkat dari Desa Jojok, Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, pada tanggal 15 Februari 2019. Kunjungan hari pertama kelompok berkunjung ke ekowisata mangrove Ngebruk Senarang di kediamannya Bapak Ali Imron  (Koordinator Stasiun Informasi Mangrove “Ngebruk” Semarang”. Peserta mendaptakan pengalaman mengenai bagaimana membuat olahan makanan berbahan dasar mangrove serta beberapa olahan berbahan dasar hasil perikanan seperti ikan dan kepiting. Selain itu, kelompok juga diajak untuk melakukan proses pembuatan batik dengan pewarna berbahan dasar dari tanaman mangrove, serta motif batik yang dibentuk juga bertemakan tentang mangrove dan pesisir.

Pelatihan pembuatan batik mangrove. Pembuatan Kopi Sulingan

Pada kunjungan kelompok selanjutnya yang berlokasi di Dusun Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kulon Progo D.I.Yogyakarta, dengan kelompok tani hutan (KTH) Wanapaksi. Anggota kelompok mengikuti sharing terkait kegiatan pengelolaan kelompok, pembuatan kopi serta penyajiannya dan ternak lebah kelanceng/kelulut (Trigona sp.) di pendopo Omah Kopi Sulingan Kelompok Tani Hutan “Wanapaksi” Kulonprogo. Setelah selesai pelatihan dan berdiskusi peserta berkesempatan mengunjungi objek wisata air terjun Kembang Soka.

Foto bersama di Omah Watu Blencong

Pada hari yang sama peserta melanjutkan kunjungannya ke Ekowisata Demang Gedi bersama kelompok Mangrove Institute Komangjo Foundation, Purworejo. Peserta belajar mengenai manajemen kelompok, pemanfaatan potensi wilayah dan berbagi pengalaman. Sebagi penutup kegiatan studi banding kali ini, para peserta berkesempatan berwisata di Ekowisata Demang Gedi dan menyusuri jembatan kayu yang berada di sepanjang hutan mangrove di Arboretum Mangrove Purworejo (Armajo). 

Teks oleh Ujang Suhendar/Yayasan Kanopi Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *